Hai, calon sarjana!
Korelasi adalah teknik statistik yang digunakan untuk menguji ada/tidaknya hubungan serta arah hubungan dari dua variabel atau lebih.
Korelasi adalah teknik statistik yang digunakan untuk menguji ada/tidaknya hubungan serta arah hubungan dari dua variabel atau lebih.
Besar kecilnya hubungan antara dua variabel dinyatakan dalam bilangan yang disebut Koefisien Korelasi. Besarnya antara -1 hingga 1
ARAH HUBUNGAN
a. Positif (Koefisien 0 s/d 1)
b. Negatif (Koefisien 0 s/d -1)
c. Nihil (Koefisien 0).
a. Positif (Koefisien 0 s/d 1)
b. Negatif (Koefisien 0 s/d -1)
c. Nihil (Koefisien 0).
b. Negatif (Koefisien 0 s/d -1)
c. Nihil (Koefisien 0).
PEARSON CORRELATION
Digunakan untuk data interval & rasio
Terdiri dari dua variabel
1 Variabel X (Independen)
1 Variabel Y (dependen)
CONTOH
Judul: Hubungan antara IKLAN dengan PENJUALAN
Variabel X : Intensitas IKLAN (diukur dari belanja/pengeluaran iklan dalam satu bulan)
Variabel Y : volume PENJUALAN (diukur dari jumlah penjualan selama satu bulan)
Hipotesa:
H0: Tidak ada hubungan antara IKLAN dengan PENJUALAN
H1: Ada hubungan antara IKLAN dengan PENJUALAN
Sementara ini sobat calon sarjana telah berhasil membuat hipotesis atau dugaan sementara terhadap hubungan antara IKLAN dengan PENJUALAN. Kemudian pada Bagian 2 akan dijelaskan contoh proses analisis data di SPSS. Bagian 3 akan menjadi akhir yaitu interprestasi dari ouput analisisnya.
Digunakan untuk data interval & rasio
Terdiri dari dua variabel
1 Variabel X (Independen)
1 Variabel Y (dependen)
Terdiri dari dua variabel
1 Variabel X (Independen)
1 Variabel Y (dependen)
CONTOH
Judul: Hubungan antara IKLAN dengan PENJUALAN
Variabel X : Intensitas IKLAN (diukur dari belanja/pengeluaran iklan dalam satu bulan)
Variabel Y : volume PENJUALAN (diukur dari jumlah penjualan selama satu bulan)
Variabel Y : volume PENJUALAN (diukur dari jumlah penjualan selama satu bulan)
Hipotesa:
H0: Tidak ada hubungan antara IKLAN dengan PENJUALAN
H1: Ada hubungan antara IKLAN dengan PENJUALAN
H1: Ada hubungan antara IKLAN dengan PENJUALAN
Sementara ini sobat calon sarjana telah berhasil membuat hipotesis atau dugaan sementara terhadap hubungan antara IKLAN dengan PENJUALAN. Kemudian pada Bagian 2 akan dijelaskan contoh proses analisis data di SPSS. Bagian 3 akan menjadi akhir yaitu interprestasi dari ouput analisisnya.
Demikian para calon sarjana, semoga penjelasan singkat mimin tentang uji normalitas ini bermanfaat.
Salam sarjana!
Komentar
Posting Komentar